Aden Gultom: Inflasi Riau Agustus 0,24 Persen

Berdasarkan hasil pemantauan BPS Provinsi Riau di Kota Pekanbaru, Dumai dan Tembilahan, pada Agustus 2017 di Riau terjadi inflasi sebesar 0,24 persen.

Tingkat inflasi tahun kalender sebesar 2,76 persen, sedangkan tingkat inflasi tahun ke tahun (Year on Year) sebesar 5,68 persen.

Kepala BPS Riau, Aden Gultom, dalam pres rilisnya mengatakan inflasi ini terjadi karena adanya kenaikan indeks harga konsumen pada enam kelompok pengeluaran, dengan inflasi tertinggi pada kelompok pengeluaran bahan makanan sebesar 0,78 persen dengan andil sebesar 0,18 persen.

“Komoditas utama yang mengalami inflasi dan memberikan andil terbesar pada kelompok ini adalah cabai merah, daging ayam ras, daging sapi, ikan serai, dan beberapa komoditas lainnya,” ujar Aden.

Berikutnya, kelompok yang mempengaruhi inflasi adalah pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,61 persen dengan andil sebesar 0,05 persen, kelompok sandang sebesar 0,43 persen dengan andil sebesar 0,03 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,24 persen dengan andil sebesar 0,05 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,13 persen dengan andil sebesar 0,03 persen, dan kelompok kesehatan sebesar 0,08 persen dengan andil sebesar 0.004 persen.

“Sedangkan kelompok pengeluaran transpor, komunikasi dan jasa keuangan mengalami deflasi sebesar 0,61 persen dengan andil deflasi sebesar 0,10 persen,” tuturnya.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *