Bapenda Pekanbaru Optimis Objek Pajak akan melebihi target sebesar Rp501 miliar.

Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor objek pajak daerah sudah mencapai angka Rp458 miliar. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru klaim akan melebihi target sebesar Rp501 miliar.

Sekretaris Bapenda Kota Pekanbaru Syoffaizal menyebut, dari 11 objek pajak yang dikelola Bapenda Pekanbaru ada empat objek pajak yang melebihi target yang ditempatkan. Objek pajak tersebut yakni Pajak BPHTB dari target Rp132 miliar terealisasi diangka Rp 153 miliar atau 115,89 persen.

Kemudian, pajak Parkir dari target  Rp14 milyar terealisasi menjadi Rp16 miliar 110,83 persen,  Pajak Restoran dari target Rp75 miliar terealisasi menjadi Rp75.6 miliar atau 100,37 persen dan Pajak Hiburan dari target Rp 13 miliar terealisasi menjadi 13.36 miliar atau 100,17 persen.

“Kita optimis hingga tutup tahun ini pemasukan akan semakin banyak,  saat ini orientasi kerja kami di Bapenda adalah bagaimana duit masuk ke Kas Daerah. Ada tujuh objek pajak lagi yang pencapai belum 100 persen dan inilah yang akan kami genjot hingga tutup tahun ini,” kata dia, Senin (18/12/2017).

Ia menjelaskan, ada beberapa upaya untuk mempercepat pemasukan pajak daerah, diantaranya tetap buka layanan di hari libur. Kemudian jemput bola dengan kendaraan pajak keliling dan terus mensosialisasikan taat bayar pajak kepada seluruh wajib pajak.

“Meminta si wajib pajak untuk membayar pajaknya tidak semudah membalikkan telapak tangan,  maka dari itu sosialisasi terus kita tingkatkan, jika dia lupa kita ingatkan, jika dia tidak bisa menghitung pajak kita bantu menghitungnya, jika dia tidak mau bayar pajak kita akan beri teguran dan sanksi kepada mereka,” paparnya.

Ia juga menyebut, membayar pajak kepada pemerintah Kota Pekanbaru tidak ada ruginya. Karena pajak itu nantinya untuk membangun seluruh infrastruktur Kota Pekanbaru. Seperti jalan, trotoar, halte dan fasilitas umum, layanan kesehatan,  pendidikan dan lainnya.

“Inilah contoh manfaat dari pajak yang kami kumpulkan, ayo bangun Pekanbaru dengan taat bayar pajak,” imbuhnya.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *