Bisakah Nyeri Punggung Diatasi dengan Membunyikan Tulang?

Ketika nyeri punggung melanda salah satu cara yang sering dilakukan orang-orang adalah melakukan manipulasi tulang dengan ‘membunyikannya’. Apakah hal tersebut efektif? Menurut studi terbaru yang dipublikasi di Journal of the American Medical Association mungkin saja namun dengan beberapa catatan.

Dengan menganalisa data dari 21 studi lainnya, para peneliti menemukan manipulasi tulang memang dapat meredakan keluhan nyeri punggung ringan. Dalam nilai nyeri berskala 10 manipulasi tulang rata-rata dapat meredakan nyeri yang dirasakan partisipan hingga 1 poin.

Hanya saja efek tersebut mungkin tidak berlaku bagi mereka dengan keluhan nyeri punggung kronis yang sudah parah.

“Untuk nyeri punggung akut, hasil tersebut secara klinis bisa dianggap tidak ada perbaikkan berarti,” ungkap dr Wolf Mehling dari Osher Center for Integrative Medicine mengomentari studi seperti dikutip dariCNN, Senin (17/4/2017).

Menurut studi lainnya yang dipublikasi di Annals of Internal Medicine ada beberapa kriteria pasien yang berkemungkinan besar mendapatkan manfaat terbaik dari teknik manipulasi tulang. Sebagai contoh gejala nyerinya terjadi kurang dari enam hari, nyeri tidak terasa menjalar sampai ke daerah lutu bawah, dan masih bisa beraktivitas.

“Jadi tidak semua orang mendapatkan manfaat pengurangan sakit satu poin,” ungkap salah satu peneliti dr Paul Shekelle dari VA Medical Center.

“Beberapa orang ada yang mendapatkan nol manfaat sementara beberapa orang lainnya mendapatkan manfaat lebih,” pungkas dr Paul.

RedaksiR7plus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *