Data BPS Riau Menyebutkan Kwartal I, Ekonomi Riau Tumbuh 2,91%

Badan Pusat Statistik (BPS) perwakilan Riau mencatat Ekonomi Riau triwulan I tahun 2018 tumbuh 2,91 persen (y-on-y), meningkat dibanding triwulan yang sama tahun sebelumnya yang hanya sebesar 2,84 persen.

Hal ini disampaikan oleh kepala Bidang Statistik Neraca Wilayah dan Analisis BPS Riau Joni Kasmuri, Senin (7/5/2018). Ia mengatakan dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh hampir semua lapangan usaha, kecuali pada lapangan usaha Pertambangan dan Penggalian, Pengadaan air, Pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang.

“Jasa perusahaan merupakan lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 9,59 persen, diikuti oleh Jasa Lainnya sebesar 9,43 persen dan Konstruksi sebesar 7,41 persen,” ungkapnya.

Lanjut Joni, dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen konsumsi lembaga Nonprofit yang melayani rumah tangga yang tumbuh sebesar 11,25 persen.

Masih kata Joni, ekonomi Riau triwulan I-2018 mengalami kontraksi sebesar minus 4,56 persen terhadap triwulan IV-2017.

“Dari sisi produksi, kontraksi ini terjadi akibat siklus musiman di kategori pertanian dan industri pengolahan. Sementara itu, dari sisi pengeluaran, kontraksi ini terjadi erat kaitannya dengan penurunan ekspor barang dan jasa ke luar negeri,” ungkapnya.

Lanjutnya, secara spasial pada triwulan I-2018 Provinsi Riau berkontribusi sebesar 5,00 persen terhadap perekonomian nasional.

“Provinsi Riau merupakan provinsi dengan PDRB terbesar ke-5 di Indonesia atau PDRB terbesar di luar Pulau Jawa,” tutupnya.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *