Dewan Meradang Sapi Hibah Tak Kunjung Lelang

 Anggota Komisi DPRD Riau, Sugianto ‘meradang’ atas lambannya lelang pengadaan 2.400 ekor sapi untuk hibah kepada kelompok tani tahun 2018 oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau.

“Sekarang sudah masuk bulan kelima, pelelangan pengadaan belum juga dimulai. Jangan-jangan sama seperti tahun sebelumnya batal karena dikerjakan dipenghujung tahun. Sementara sapi yang dibutuhkan tahun ini jauh lebih banyak dari tahun lalu. Kadis tidak serius dalam menjalankan program ini,” sebutnya.

Alasan menunggu daftar perusahaan ‘Black list’ menurutnya itu bukan alasan. “Bukan berarti pelelangan belum bisa dimulai. Mulai saja pelelangan, kalau ada perusahaan nakal yang ikut, Kadis tinggal berikan rekom pada ULP agar jangan dipilih,” sebutnya.

Diakui juga oleh Politisi PKB ini, masyarakat sudah menunggu-nunggu program ini. Apalagi sudah sampai mengeluarkan dana untuk ini seperti pembuatan iandang, akte notaris dan sebagainya. “Paling tidak satu kelompok tani itu sudah mengeluarkan dana sekitar 3 juta rupiah. Tentu berharap program ini jangan sampai batal lagi,” ujarnya.

Menyikapi hal itu Kadisnak Keswan Riau, Patrianov menyebutkan, belum dilakukannya pelelangan dikarenakan pihaknya masih menunggu daftar ‘black list’ perusahaan nakal yang gagal dalam melaksanakan kegiatan serupa pada tahun sebelumnya. Sementara untuk pelelangan sudah disiapkan termasuk MoU dengan daerah pemasok, Jawa Timur.

Dari pertemuan hearing yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II, Karmila Sari, Senin (30/4/2018) lalu disepakati, Kadisnak Keswan Riau diberi waktu sekama 15 hari ke depan untuk memasukkan pelelangan ke ULP.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *