DPRD Minta Program GISA Ramadhan Harus Dilaksanakan

Program Gerakan Indonesia Sadar Adminstrasi (GISA) yang diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Disdukcapildalduk KB Riau dan Disdukcapil Kabupaten/Kota se-Riau yang diselenggarakan beberapa hari yang lalu, banyak diminati masyarakat. Kegiatan perekaman KTP elektronik ini sendiri menjadi pilihan masyarakat setelah proses panjang percetakan KTP yang tidak kunjung selesai di UPTD masing-masing kecamatan.

Namun sayangnya, kegiatan ini tidak dilanjutkan kembali oleh pemerintah dengan beberapa alasan. Di antaranya yakni alasan keamanan dan juga telah masuknya bulan Ramadan. Program GISA ini diumumkan akan kembali dilaksanakan pada hari kerja setelah libur Idul Fitri.

Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwady Jusman atau akrab disapa Dedet turut mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini mempermudah masyarakat yang ingin mengurus KTP. Pasalnya selama ini pengurusan di UPTD Disdukcapil di masing-masing kecamatan tidak kunjung selesai. “Kita apresiasi kegiatan ini karena masyarakat sangat terbantu,” ujarnya pada Senin (21/5/2018).

Dedet mengatakan bahwa pihaknya akan mengkomunikasikan kembali program ini ke Pemprov agar bisa diselenggarakan lagi. Program GISA juga menjadi solusi bagi masyarakat yang mengahadapi proses pengurusan E-KTP yang berlarut-larut.

“Saya akan temui Disduk Provinsi membahas hal ini. Jika memang tidak ada alasan yang kuat, mestinya diselenggarakan saja. Tidak usah menunggu sampai habis Lebaran,” sebut Politisi Partai Demokrat ini.

Sebelumnya, Disdukcapildalduk-KB Riau sudah mengumumkan bahwa pengambilan KTP bagi masyarakat yang sudah merekam saat GISA di Furaya ditunda hingga selesai libur Lebaran. Sebelumnya direncanakan pengambilan KTP dilakukan setelah proses perekaman.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *