Gangguan Satelit Telkom I Tak Berdampak pada Sistem Pembayaran di Riau

Bank Indonesia Perwakilan Riau menyatakan gangguan Satelit dari Telkom-1 yang mengakibatkan sejumlah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terganggu alias offline tak berdampak pada sistem pembayaran di Riau.
Hal ini disampaikan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Siti Astiyah kepada wartawan, Selasa (29/8/2017). Ia mengatakan meski ada gangguan, secara umum tak ada gangguan dalam sistem pembayaran, meskipun diakuinya sejumlah ATM di Riau tak berfungsi, namun jumlahnya sangat sedikit.
“Tak ada sistem pembayaran yang terganggu. Kita sudah cek dan berkomunikasi ke Bank-bank dan alhamdulillah tak adalah dampak pembayaran yang berarti. Di hari pas kejadian itu memang tak banyak nasabah yang melakukan aktifitas pembayaran maupun pengambilan uang,” ujarnya.
“Jadi intinya, memang ada gangguan, tapi dampaknya nol persen dalam sistem pembayaran,” imbuhnya.
Ia mengatakan meski demikian pihaknya bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan terus meningkatkan koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait seperti Kementerian Komunikasi dan lnformasi, perbankan, PT. Telkom dan pihak terkait lainnya dalam pemulihan layanan ATM bank yang offline.
“Koordinasi ini meliputi langkah pemulihan dan antisipasi yang perlu ditempuh untuk
mendukung kelancaran kegiatan sistem pembayaran di masyarakat,” ujarnya.
Dikatakan Siti, dari sisi setelmen sistem pembayaran, Bank Indonesia memastikan bahwa sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (Bl-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (Bl-SSSS) berjalan dengan normal.
“Ke depan, Bank lndonesia dan Otoritas Jasa Keuangan terus memonitor pelaksanaan proses pemulihan untuk memastikan kelancaran sistem pembayaran, memenuhi kebutuhan masyarakat, dan menjaga perlindungan konsumen,” pungkasnya.
Untuk informasi lebih Ianjut, masyarakat dapat menghubungi call center masing-masing bank atau Bank Indonesia Contact Center (BICARA) 131.
redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *