Jelang Idul Fitri BI Buka Tempat Penukaran Uang

Seperti tahun sebelumnya, Bank Indonesia (BI) membuka stand penukaran uang baru untuk menyambut lebaran. Berdasarkan rencana, BI akan membuka stand penukaran di halaman kantornya pada 14 Juni mendatang.

Humas Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, Rheza Mario, menyebutkan bahwa nanti pihaknya juga melibatkan berbagai bank yang ada di Pekanbaru dan Riau untuk memberikan pelayanan serupa.

“Kita mengajak kepada seluruh bank swasta dan BUMN untuk melawani penukaran uang baik kepada nasabahnya atau tidak,” ujar Mario pada Selasa (6/6/2017).

BI Riau juga menyiapkan kuota penukaran yang lebih besar dari tahun lalu. Gunanya untuk mencukupi kebutuhan masyarakat yang biasanga akan semakin tinggi jika semakin dekat dengan Idul Fitri.

Mario juga menyampaikan bahwa masyarakat hendaknya lebih memilih menukar uang di bank. Karena penukaran di bank tidak dipungut biaya. “Hindari menukar uang di tempat lainnya, apalagi di pinggir jalan karena ada selisih penukaran dan tidak terjamin keaslian uang tersebut,” katanya.

BI juga sengaja melakukan penukaran uang lebih dekat dengan hari H. Tujuannya agar oknum-oknum tertentu tidak memanfaatkan jasa penukaran uang ini jika dibuka terlalu cepat.

“Sebenarnya ada sedikit dilema. Kita khawatir jika dibuka cepat, nanti ada yang menukar banyak di awal dan menjualnya ke masyarakat,” ujar Mario.

redaksiR7plus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *