Jelang NARU TPID Akan Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

Jalang perayaan Natal dan tahun baru 2018, harga sembako di pasaran mulai mengalami kenaikan. Untuk mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok tersebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meminta kabupaten/kota untuk bertindak cepat.

Permintaan demikian disampaikan Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, Selasa (19/12/2017) di kantor Gubernur Riau. Dia mengakui kalau persoalan tersebut memang sering terjadi jelang hari-hari besar.

“Tapi persoalan seperti ini sangat mudah untuk diprediksi. Tapi kok bisa yang seperti ini terjadi dan tidak bisa diantisipasi. Makanya kabupaten dan kota itu harusnya bekerja,” pinta Ahmad Hijazi yang juga Sekdaprov Riau ini.

Dia mengatakan, dalam persoalan ini sejauh mana tindakan dinas terkait mengatasi masalah ini dapat terlihat. Karena perlu adanya keterlibatan antar lembaga untuk mengkoordinasikan persoalan ini.

Misalnya, sebut Ahmad Hijazi, di Pemprov Riau ada Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM dan Badan Ketahanan Pangan yang sejatinya harus melakukan koordinasi dengan Bulog hingga distributor.

“Kendalanya biasanya ada di badan-badan seperti ini. Kesannya hanya rutinitas saja. Sehingga operasi pasar pun tidak memberikan dampak terhadap pengendalian harga bahan pokok masyarakat,” terangnya.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *