Jelang Pemilu Bawaslu Minta KPU Riau Coret DPT Ganda

Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau meminta KPU setempat mencoret sekitar 9.000 pemilih ganda pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

“Sudah kita rekomendasikan kepada KPU Riau untuk dicoret,” kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, pihaknya sudah melaporkan jumlah pemilih ganda yang terdapat pada DPT Pemilu 2019 di Riau pada rapat pleno beberapa waktu lalu.

“Kami memang menemukan ada sekitar 9.000 pemilih ganda di Riau,” ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya juga meminta KPU memasukkan 43 pemilih baru yang belum terdaftar di DPT.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Riau Nurhamin membenarkan pihaknya sudah mendapat pemberitahuan pemilih ganda dari Bawaslu.

“Penetapan DPT Pemilu 2019 sebanyak 3.723.564 jiwa sudah dilakukan,” kata Nurhamin.

Menurut dia, walau DPT sudah ditetapkan, namun angka itu masih bisa diubah dan belum valid sebab diperkirakan terdapat 9.000 data ganda di dalamnya.

Untuk itu, kata dia, mulai dari waktu penetapan DPT oleh KPU lewat pleno, pihaknya akan mengerahkan jajarannya ke tingkat kecamatan dan kelurahan untuk melakukan verifikasi.

“Kita akan cocokkan pemilih yang akan dihapus ini. Kemudian kita sampaikan juga ke KPU RI agar bisa dihapus juga di Sidalih,” tutur Nurhamin.

Selanjutnya dikatakan dia untuk melakukan verifikasi data ini, pihaknya tidak bisa serta merta menghapusnya lewat komputer, namun harus ada pengecekan langsung kepada yang memiliki data ganda. Lalu, yang bersangkutan dipastikan diketahui di TPS mana data mereka dihapus.

“Proses tersebut saat ini sudah kita mulai dan terus berjalan agar data pemilih pada 2019 nanti benar-benar akurat,” katanya.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *