Malware Si Perusak Perangkat Android

Sebuah malware berbahaya baru saja ditemukan oleh periset Check Point yang bersembunyi dibalik aplikasi wallpaper, aplikasi tersebut tersedia secara bebas di PlayStore. Diketahui, malware dengan sebutan ExpensiveWall ini sudah menginfeksi lebih dari 21,1 juta perangkat Android di seluruh dunia.

Check Point menegaskan bahwa mereka menemukan keberadaan malware itu awal bulan lalu, dan mereka juga sudah mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa malware tersebut terkait dengan ExpensiveWall.

Malware tersebut telah menginfeksi sedikitnya 50 aplikasi di PlayStore, dimana aplikasi tersebut sudah diunduh antara 1 juta hingga 4,2 juta kali. Menurut PhoneArena yang Selular rangkum pada, Senin (18/09), pihak Google telah mengambil langkah untuk mencegah serta menghapus aplikasi-aplikasi yang terinfeksi malware.

Diketahui, perangkat lunak berbahaya ExpensiveWall bisa lolos dari perlindungan anti-malware Google Play karena “dikemas” di dalam aplikasi wallpaper. Metode ini memang kerap digunakan oleh pengembang malware unuk mengenskripsi kode berbahaya.

Meskipun Google telah menghapus aplikasi yang terinfeksi malware, para pengguna yang terlanjur sudah memasang aplikasi tersebut masih beresiko terkena serangan. Agar terhindar dari serangan tersebut, para pengguna dianjurkan untuk segera menghapusnya secara manual dari perangkat Android mereka.

Bagaimana cara kerja malware ini?

Karena ExpensiveWall dikemas di dalam aplikasi, maka akan meminta pengguna untuk mendapatkan beberapa izin umum seperti akses SMS dan internet. Jika diberikan, perangkat lunak berbahaya tersebut akan mulai mengirim pesan SMS premium dan secara diam-diam mendaftarkan korban untuk mengikuti layanan berbayar lainnya. Hal ini dilakukan tanpa sepegetahuan si korban.

Meskipun izin yang diminta cukup umum, namun tidak masuk akal jika sebuah aplikasi wallpaper meminta akses ke SMS bahkan internet. Sayangnya, kebanyakan pengguna Android tidak memikirkan hal tersebut, yang mungkin merupakan salah satu alasan mengapa hal seperti ini menyebar begitu cepat.

Bagaimana cara terhindar dari infeksi malware ExpensiveWall?

Sebenarnya tidak ada cara untuk tetap terlindungi selama kalian memperhatikan izin akses sebelum memasang aplikasi. Memasang anti-virus gratis pun bukanlah solusi tepat, kecuali jika memang anti-virus kalian berbayar, kemungkinan ada proteksi tambahan yang lebih kuat lagi.

ExpensiveWall merupakan malware yang kuat dan rumit, perangkat lunak berbahaya ini tidak terdeteksi oleh standar keamanan yang tersedia di Google PlayStore. Dan yang lebih buruk lagi, para pengembang malware menemukan cara baru untuk dapat melewati sistem keamanan Google PlayStore lebih canggih daripada sebelumnya.

Jadi, cara terbaik yang kalian bisa lakukan adalah dengan selalu memperhatikan aplikasi yang ingin kalian pasang. Pilih aplikasi yang memiliki reputasi baik di PlayStore, mulai dari rating hingga yang memberikan testimoni atau komentar positif. Tetap perhatikan setiap izin akses yang diminta ketika ingin menginstall aplikasi.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *