Musim Haji, Kemenag: Embakarsi Riau akan segera di Matangkan

Kekhawatiran Kanwil Kementerian Agama Riau soal persiapan embarkasi haji antara Riau terjawab sudah. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Provinsi Riau, Ahmad Supardi Hasibuan,  Kamis (2/5/2018) mengaku kalau persiapan embarkasi haji antara di Pekanbaru, Riau sudah siap semua.

“Beberapa hari lalu itu kekhawatiran kita soal aula kedatangan, tapi setelah kita tinjau semua sudah oke. Tidak ada masalah karena aulanya memiliki kapasitas 500 orang,” katanya.

Kekhawatiran lain, lanjut Supardi, soal ruang makan jemaah haji. Namun setelah ditinjau sudah selesai dibangun, bahwa untuk kamar jemaah juga tidak ada masalah satu kamar untuk empat jemaah.

“Memang persoalan yang kita temui tidak ada gudang. Tapi tadi sudah ada solusinya, dan Angkasa Pura II akan menyiapkan gudang untuk menampung 10 ribu galon air. Yang wajib itu gudang bisa menampung 5 ribu air dan tas dua kloter (900 tas),” cakapnya.

Bahkan untuk manasik haji, sebut Supardi, Pemprov Riau sudah menyiapkan miniatur ka’bah, dan masjid juga sudah disiapkan.

Dengan begitu, selanjutnya, pihaknya tinggal menunggu Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) untuk meninjau kesiapan embarkasi haji antara Riau sebelum izin dikeluarkan Kemenag Pusat.

“Menag akan menegaskan Dirjen PHU untuk meninjau embarkasi dalam waktu beberapa hari kedepan. Harapan kita kalau bisa minggu-minggu ini, jangan sampai masuk bulan Juni, karena jemaah sudah mau berangkat haji,” pungkasnya.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *