PASLONGUB 1, Siapkan Jaminan Hari Tua untuk Pensiunan ASN dan Buruh

Calon Gubernur Riau nomor urut 1, Syamsuar, ternyata tidak hanya mempersiapkan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk anak-anak muda yang butuh sertifikasi sebagai syarat utama masuk pekerjaan di suatu perusahaan. Ia juga menyiapkan jaminan hari tua untuk buruh dan ASN  yang pensiun.

Jaminan hari tua yang dimaksud itu merupakan program wirausaha untuk pensiunan. Program ini akan dijalankannya jika nanti ia diamanahkan menjadi Gubernur Riau 2019 – 2024.

“Tujuannya agar para calon pensiunan atau yang sudah pensiunan dapat berkarya membangun usaha dan hidup sejahtera di masa pensiun. Karena orang yang biasa bekerja sangat lama, tiba-tiba tidak bekerja lagi pasti akan ling lung. Makanya kami menggagas program ini,” kata Syamsuar.

Program ini, lanjut Syamsuar, untuk meningkatkan produktivitas dan menumbuhkan jiwa wirausaha bagi para buruh atau karyawan pensiunan dan calon pensiunan.

“Dan ini sudah saya lakukan di Siak, agar ASN di lingkup Pemkab Siak yang akan pensiun tidak perlu panik menghadapi masa tugasnya. Ini juga akan kami terapkan di daerah lain termasuk perusahaan atau pabrik,” ucap Syamsuar kepada para perwakilan buruh-buruh pabrik yang datang kepadanya untuk menyatakan sikap, Senin (7/5/2018).

Program tersebut, lanjut Syamsuar tidak hanya berupa pelatihan dan pembinaan saja. Tetapi mereka juga akan mendapatkan bantuan modal untuk memulai wirausaha seperti pelatihan yang sudah dijalani calon pensiunan dan yang sudah pensiun ini.

“Nanti pensiunan atau calon pensiun akan diberikan pembinaan dan bantuan modal untuk membentuk wirausaha yang produktif. Untuk bantuan modal akan disesuaikan dengan kebutuhan, dan setiap perusahaan bisa melakukan ini dalam program corporate social responsibility (CSR),” sebut Calon Gubernur Riau nomor 1 ini.

Syamsuar berharap, buruh atau karyawan yang menghadapi masa akhir bekerja ini tetap sehat, aktif dan sejahtera dengan bekerja mandiri dengan memiliki usaha sesuai dengan potensi dan bakat diri serta potensi lokal daerah tempat para pensiunan tersebut berada.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *