Pengusaha Sawit 100 Hektar Tidak Memiliki Izin

Pelalawan RSC- Seorang pengusaha kebun sawit atas nama Sugianto di Desa Mak Teduh Kecamatan Kerumutan di duga tidak memiliki izin prinsip pengolahan kebun kelapa sawit seluas 100 hektar.

Sementara cukup jelas di atur dalam Pasal 1 angka 7 UU Nomor 18 tahun 2004 tentang perkebunan dan di perkuat oleh permentan 98/2013 Perkebunan dengan luas 25 (dua puluh lima) hektar atau lebih wajib memiliki Izin Usaha Perkebunan (IUP).

Dengan tidak memiliki izin tersebut di pastikan perbuatan yang bersangkutan sudah mengangkangi peraturan pemerintah dan juga di nilai merugikan pemerintah daerah kabupaten Pelalawan.

Menurut Sugianto sendiri beberapa waktu lalu kepada Riausemesta.com, mengakui bahwa lahan yang di kuasainya itu hingga saat ini tidak memiliki izin sama sekali, sementara kebun sawit seluas 100 hektar itu sudah produktif dan menghasilkan sebab sudah di kelola dari tahun 2008 “Ya saya berniat mengurusnya tapi belum terlaksanakan” ujarnya tanpa banyak komentar saat di jumpai di aula kantor desa mak teduh beberapa waktu lalu.

Kepala desa Mak Teduh M Yakup, saat di konfirmasi juga membenarakan bahwa hamparan lahan kebun sawit milik Sugianto itu memang belum memiliki izin . ” Jangankan izin IUP, surat tanah lahan itu saja masih belum di urus sementara kita sudah menyampaikan kepada beliau beberapa kali untuk segera mengurus legalitas lahan tersebut” Ujar Kades. JCR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *