Prihatin, Terpantau 18 Hotspot di Riau

Angka hotspot meningkat drastis, Jumat (27/7/2018). Kondisi ini menjadi perhatian, karena sebagiaj  berada pada level confidence di atas 50 persen. Bahkan ada yang diatas 70 persen dan diduga merupakan titik api.

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi 56 hotspot tersebar di 10 provinsi di Sumatera. Dari angka tersebut, hotspt tertinggi terdeteksi di beberapa daerah di Provinsi Riau.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengatakanX pihaknya terus melakukan pemantauan secara berkelanjutan.  Dalam hal ini, Riau merupakan provinsi penyumbang terbanyak yakni 18 hotspot yang tersebar di 5 daerah.

“Untuk di Sumatera ada 56 hotspot. Sebagian besar berada pada level confidence di atas 50 persen. Untuk di Riau terdeteksi di Kabupaten Rokan Hilir 10 hotspot, Bengkalis ada 1 hotspot, Pelalawan 3 hotspot, Inhu 3¬† hotspot dan Dumai 1 hotspot,” paparnya.

Sementara dari angka 18 titik panas tersebut 12 diantaranya berada pada level confidence di atas 70 persen atau dugaan titik api. 12 titik itu tersebar di 2 daerah, yakni Rohil ada 9 hotspot dan Inhu 3 hotspot. Diharapkan angka hotspot di Riau terus berkurang beberapa waktu ke depan.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *