Sosialisasi Permendagri Nomor 38 Tahun 2018, Pekanbaru Yakin ada Peningkatan APBD

Sebagai upaya memantapkan dan meningkatkan kualitas dan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mensosialisasikan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 38 tahun 2018 di Hotel Premier, baru-baru ini.

Permendagri ini harus menjadi pedoman bagi seluruh pemerintah dalam menyusun APBD tahun 2019. Untuk itu, sosialisasi ini harus dilakukan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa tahu dan mengerti,” kata Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Selasa (24/7/2018).

Ayat menyebut, secara substansial, dalam penyusunan APBD ini terdiri atas beberapa bagian. Salah satunya mensingkronkan kebijakan pemerintah untuk menyesuaikan atau menjaga konsistensi, sinkronisasi KUA PPAS Provinsi berpedoman pada RKPD dan sinkron dengan RKP kemudian KUA PPAS Kabupaten/Kota harus berpedoman pada RKPD Kabupaten/Kota dan sinkron dengan RKP.

Pemerintah harus mendukung tercapainya 5 prioritas pembangunan nasional sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing daerah mengingat keberhasilan pencapaian prioritas pembangunan nasional dimaksud sangat bergantung pada sinkronisasi kebijakan antara pemerintah provinsi dengan pemerintah dan antara pemerintah kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi yang dituangkan dalam RKPD.

“Melalui sosialisasi ini kita harapkan Permendagri nomor 38 tahun 2018 dapat tercipta persepsi yang sama atas permasalahan dalam penyusunan APBD 2019 sebagaimana diamanatkan Permendagri dimaksud,” tutupnya.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *