Tokoh Pers Riau, tutup usia, Momo Kehilangan

‎Kabar duka datang dari Tokoh Pers di Riau. Jabonar Sinaga, wartawan kawasan yang lama berkiprah di Harian Riau Pos, Jawa Pos grup, Selasa (19/09/17) malam, diketahui menghembuskan nafas terakhir.

Tokoh pers yang juga dikenal dari Putri semata wayangnya, Narova Morina Sinaga alias Momo, vokalis Band papan atas di Indonesia ‘Geisha’ ini, dilaporkan meninggal dunia di Jalan DI Panjaitan Kelurahan Sekip, Kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

‎Kabar ini diterima, pasca beredar di sejumlah grup Whatsapp (WA) ‎wartawan.

“Turut berduka cita. Tokoh Pers yang juga wartawan senior di Riau Jabonar Sinaga telah meninggalkan kita,” demikian bunyi kiriman beberapa wartawan di grup-grup WA wartawan.

Informasi yang diperoleh, ‎Selasa malam, ‎Jabonar diketahui telah meninggal dunia sekitar pukul 09.00 wib.

Meski berdomisili di Kota Pekanbaru, namun Jabonar sehari-harinya bekerja di Kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang berjarak sekitar 4-5 jam dari Kota Pekanbaru.

Menurut informasi, belakangan Jabonar kerap mengeluh terkait kesehatannya.

Jabonar, merupakan Kepala Perwakilan Harian Riau Pos di wilayah sekitar itu. Bahkan, Ia juga adalah tokoh organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Ia cukup berhasil mengembangkan bisnis media di sejumlah Kabupaten di Riau.

Sebelum bergabung di JawaPos grup, Jabonar adalah wartawan koran ‘Mimbar Umum’, salah satu koran tertua di Sumatera yang mulai terbit sejak tahun 1945.

Bahkan, pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar Provinsi Riau di Kabupaten Bengkalis pada Mei 2014 lalu, Jabonar dianugrahi Piagam Penghargaan atas Pengabdiannya selama 30 tahun di profesi jurnalistik, bersama rekan-rekannya antara lain ; Hotman Simanjuntak, Akmal Famajra, Yaunusar Bakar dan Harmen Milano.

Selain itu, Ia dikenal sebagai Tokoh Masyarakat di kalangan masyarakat Batak yang cukup dihormati di Provinsi Riau.

Informasi dari pihak keluarga, ayah kandung dari pembawa lagu ‘Jika Cinta Dia’, Momo Geisha ini, saat berita ini diturunkan, jenazah Almarhum sudah dibawa dari Kota Rengat menuju rumahnya di Kota Pekanbaru, tepatnya di rumah duka Jalan Kurnia, Labuh Baru.

Seperti diketahui, di awal bulan Mei 2017 lalu, Jabonar menikahkan Putri Semata Wayangnya, Momo, dengan Nicola Reza Samudra, pria asal Kota Malang. Raut wajah Jabonar tampak penuh bahagia ketika itu.

Tentunya, kabar tentang pria yang dikenal cukup sederhana ini dipanggil Sang Pencipta, sangat mengejutkan bagi Momo dan keluarganya.

Jabonar dikenal sebagai Tokoh Pers yang cukup ramah dan akrab di kalangan jurnalis baik senior bahkan pemula.

Jejak kariernya di dunia Jurnalistik pun diteruskan oleh salah seorang putranya, Fopin Adiper Sinaga, yang saat ini menjadi Redaktur Senior di Riau Pos, Jawa Pos Grup.

Fopin sendiri, dikenal cukup lama menjadi wartawan di Kabupaten Siak semasa dipimpin Arwin AS.

Selamat Jalan Senior…

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *