Toyota Indonesia Recall 5 Model Mobilnya, Ada Apa?

Pihak Toyota Indonesia mengumumkan bagi pemilik Alphard, Fortuner, Hilux, Corolla Altis, atau Innova keluaran Mei 2015 – Januari 2016 untuk segera menghubungi bengkel servis resminya.

Pasalnya, sebanyak 24.662 unit dari model-model itu, disinyalir punya masalah sensor airbag. Dilansir dari Liputan6.com, pengumuman resmi diberikan oleh Toyota Astra Motor untuk memeriksa produk-produk itu sebagai bagian program Special Service Campaign (SSC).

Program SSC menindaklanjuti pengumuman global Toyota Motor Corporation (TMC) yang juga memanggil model mobil Toyotalainnya yang kemungkinan bermasalah sensor airbag-nya.

Henry Tanoto selaku Vice President Director Toyota Astra Motor menyebutkan, pihaknya mengutamakan pelayanan menyeluruh yang baik bagi pelanggan. Salah satunya terus meningkatkan kualitas layanan purnajual kendaraan Toyota. “SSC hadir untuk memberikan layanan yang cepat dan efektif kepada para pelanggan Toyota. SSC kami hadirkan sebagai bagian dari upaya mewujudkan semangat peace of mind bagi pelanggan,” kata Henry dalam siaran rilis yang diedarkan Rabu lalu (9/5).

Untuk keberlangsungan SSC yang lebih baik, pemilik kendaraan Toyota juga dikirimi surat resmi sebagai undangan ke bengkel terdekat. Jika ditemui indikasi yang tidak biasa pada airbag maupun perangkat terkait lain, Toyota sangat menyarankan untuk segera mengunjungi bengkel untuk ditindaki. Karena bagian program resmi, tentu penanganan tidak dikenai biaya, selama yang bermasalah masih termasuk dari program.

Selain dari sensor, TAM sebelumnya sudah menjalankan program mirip, namun masalahnya pada airbag inflator. Program recall airbag inflator sudah berjalan sejak 2015 dan sampai saat ini masih terus dilakukan pemanggilan bagi yang belum datang ke bengkel resmi. Total, 117.117 unit sudah ditangani, lebih banyak dari data yang dikumpulkan sebelumnya, 97.980 unit. Jumlah itu terbagi atas Toyota Alphard produksi tahun 2010—2014, NAV1 produksi 2012—2013, Camry produksi 2002—2004, Corolla produksi 2001—2013, Vios produksi 2006—2013, dan Yaris produksi 2006—2013. Sedang sampai akhir April 2018 sebanyak 14.918 unit sudah diperbaiki inflator airbag-nya di bengkel resmi Toyota.

Karena menjadi bagian untuk menjamin keselamatan konsumennya, pihak Toyota tidak memungut biaya pada pemeriksaan dan penggantian komponen terkait airbag. Servis itu memakan waktu kurang lebih 3 jam. Untuk info lebih lanjut bisa melihat di situs resmi Toyota atau klik di sini.

redaksiR7

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *