Waspada 52 Hotspot Terdeteksi Sumatera

Pulau Sumatera dikepung 52 hotspot (titik panas) yang tersebar di beberapa provinsi. Data deteksi hotspot tersebut dikeluarkan  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Selasa (6/6/2017).
Sebaran hotspot tertinggi ada di Jambi sebanyak 17 titik. Lalu Bengkulu 12 titik, Sumsel 7 titik, Lampung 6 titik, Sumut 3 titik, Sumbar 3 titik, Bangka Belitung (Babel) 1 titik. Sedangkan Riau hanya ada 3 titik. Tersebar di Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Rokan Hilir masing-masing satu titik.
Kepala Seksi (Kasi) Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet, menyebutkan untuk cuaca Riau pada Selasa (6/6/2017)hari ini umumnya tetap cerah berawan.
Namun potensi hujan dengan intensitas ringan masih berkemungkinan turun. “Hujannya bersifat lokal di sebagian wilayah Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti pada sore atau malam hari,” sebutnya.
Berdasarkan prediksi BMKG Stasiun Pekanbaru, Provinsi Riau akan memasuki musim kemarau pada Juni 2017 ini.
Terlihat di beberapa wilayah di Provinsi Riau tidak mengalami hujan dalam beberapa hari terakhir. ‘hawa’ panas atau musim kemarau sudah mulai terasa.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Provinsi Riau bersama pihak terkait menguatkan koordinasi untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
Sejauh ini,  kebakaran lahan sejak 2017 di Riau cukup menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain penguatan koordinasi dan reaksi cepat tim di lapangan, faktor hujan juga cukup besar membantu penanggulangan kebakaran lahan di Riau.
Pemprov Riau sendiri melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus menguatkan tim di lapangan memasuki bulan Juni ini. Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger mengatakan, koordinasi mulai dari tingkat Pusat hingga kabupaten dan kota terus kita kuatkan.
redaksiR7plus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *